jual kopi robusta palembang | Daerah Penghasil Kopi

jual kopi robusta palembang | Daerah Penghasil Kopi

 

jual kopi robusta palembang
jual kopi robusta palembang

 

Daerah Penghasil Kopi Indonesia yang Mendunia

jual kopi robusta palembang, Seiring dengan perkembangan peradaban, budaya minum kopi pun mengalami perubahan. Orang-orang mulai kritis dan berusaha mendapatkan cita rasa kopi yang otentik. Mereka beranggapan bahwa kopi bukan sekadar minuman, tapi berisi pengalaman-pengalaman kultural yang sangat panjang dan sarat makna.Perubahan pola ngopi orang-orang ini kemudian menciptakan sebuah era baru, yaitu Third Wave Coffee. Era ini ditandai dengan kebiasaan orang-orang yang menikmati kopi tidak hanya dengan meneguknya saja, melainkan juga mengenal asal usul kopi yang diminumnya itu.Asal usul tersebut meliputi daerah tempat di mana kopi tersebut dipetik, serta bagaimana proses pengolahannya.

Aceh

Aceh Gayo
Gayo adalah sebuah wilayah di lereng bukit yang mengelilingi kota Takengon dan Danau Tawar, di ujung utara Sumatra, di wilayah Aceh. Konon, tanah Gayo memiliki kesuburan tanah yang ajaib. Varietas tertentu akan menghasilkan karakter dan cita rasa baru jika ditanam di wilayah ini. Daerah ini pun menjadi penyumbang produksi kopi terbesar di Indonesia. Selain itu, penamaan Kopi Gayo juga telah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis di mana sebelumnya sempat terjadi gesekan dengan perusahaan Belanda, Holland Coffee. Perusahaan ini sempat menggugat eksportir kopi karena menggunakan merk dagang Gayo di mana hak paten merk ini telah dimilikinya. Namun, berkat proses panjang dan usaha yang keras, akhirnya masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Sumatra Utara

Sidikalang
Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Letaknya di daerah pegunungan yang sejuk. Sidikalang merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia yang namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta single origin coffee. Konon, kopi sidikalang merupakan jenis arabika turunan langsung dari varietas tertua yang diambil dari Ethiopia, yaitu typica. Dahulu dibawa oleh Belanda yang melancarkan Sistem Tanam Paksa di Indonesia, Kenikmatan single origin sidikalang sudah tak bisa ditawar-tawar lagi. Tingkat keasamannya rendah, serta memiliki aroma kacang-kacangan dan cokelat. Ketenarannya tidak hanya mencakup masyarakat dalam negeri, melainkan hingga ke luar negeri.

Pulo Samosir
Kopi Arabika Pulo Samosir termasuk salah satu dari sekian banyak kopi nusantara yang sudah bersertifikat Indikasi Geografis. Produknya dibudidayakan oleh masyarakat di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Jenis kopi yang ditanam di Samosir adalah arabika. Nama Pulo Samosir kiranya diambil dari sebuah pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba. Pulau tersebut terbentuk karena letusan yang dahsyat dari Gunung Toba berabad-abad silam. Oleh karena itu, tanahnya sangat subur dan cocok untuk ditanami kopi.

Lintong

Nama lintong mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan coffee lover. Lintong adalah salah satu jenis kopi arabika yang di tanam di Sumatra, tepatnya di kecamatan Lintong Nihuta, sebelah barat daya Danau Toba. Kecamatan ini berada di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.Kekhasan dari kopi lintong adalah aroma rempah-rempah, kacang, dan cokelat. Varietas yang paling banyak ditanam di Lintong adalah sigararutang, lasuna, dan garunggang.

Sipirok
Sepanjang pegunungan Bukit Barisan memang merupakan wilayah yang subur untuk ditumbuhi tanaman kopi. Salah satunya adalah Sipirok, sebuah kecamatan sekaligus pusat pemerintahan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.Kopi Arabika Sipirok merupakan salah satu produk kopi yang telah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis. Kopinya diambil dari berbagai wilayah penanaman di Kabupaten Tapanuli Selatan, yaitu Kecamatan Sipirok, Arse, Saipar, Dolok, Aek Billah, Angkola Timur, dan Marancar.

Mandailing
Kopi Mandailing merupakan salah satu jenis arabika yang berasal dari kabupaten Mandailing Natal. Tepatnya adalah di pegunungan Bukit Barisan, Sumatra Utara.Kiranya, daerah penghasil kopi Indonesia ini sudah melanglang buana sejak tahun 1800-an. Bermula dari bibit yang dibawa oleh Belanda pada tahun 1835 dari Jawa. Seperti apa yang tengah Belanda lancarkan di beberapa daerah di Indonesia pada saat itu, Sistem Tanam Paksa pun dilakukan.

Riau, Rangsang Meranti
Kopi liberika jika dibandingkan dengan robusta dan arabika memang paling sedikit produksinya di dunia. Kiranya produksi liberika di dunia ini hanya sekitar 2% saja. Salah satu produsen liberika tersebut ada di Indonesia, yaitu di Kepulauan Meranti.Kepulauan Meranti ini berada di Provinsi Riau. Daerah penghasil kopinya berada di Kecamatan Rangsang dan telah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis.Jambi

Liberika Tungkal
Kuala Tungkal adalah sebuah kota di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi. Sama seperti Rangsang Meranti, kopi yang ditanam di Kuala Tungkal adalah jenis liberika. Selain itu, kopinya juga telah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis dengan nama Liberika Tungkal.

Kerinci
Sumatra memang tanah subur di mana banyak perkebunan yang menghasilkan kopi-kopi dengan rasa yang menarik. Salah satunya adalah kopi kerinci yang di tanam di kaki-kaki Gunung Kerinci, Jambi. Wilayah perkebunan kopinya berpencar di tiga kecamatan, yaitu Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh.Kopi kerinci memiliki body yang tebal, aroma rempah, dan aftertaste yang manis. Lantaran kopinya arabika, cita rasa asam sangat kentara. Keasaman atau acidity yang dihasilkan menyerupai rasa lemon.

Palembang

Semendo
Kabupaten Muara Enim di Sumatra Selatan juga tidak ketinggalan dengan daerah lain soal produksi kopinya. jual kopi robusta palembang Meskipun namanya kurang begitu dikenal jika dibandingkan dengan Gayo, Mandailing, dan Kerinci, cita rasa kopinya boleh diadu. Terlebih para petani di daerah ini telah mengupayakan Sertifikat Indikasi Geografis untuk produksi Kopi Robusta Semendo.Wilayah pembudidayaan kopinya berada di Semendo Darat Laut dan Semende Darat Tengah. Jenis yang dikembangkan adalah robusta dengan karakter body yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *